Edukasi Sejarah Kemerdekaan RI dengan bahan ajar dari Twinkl

By Chela Ribut Firmawati - August 07, 2024

Dalam pembinaan pengawas dabin empat di acara rutin bulanan arisan darma wanita kemarin, bu pengawas memberikan sebuah himbauan yang berkaitan dengan kemerdekaan. Iyes, beberapa hari lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke 79 tahun. Biasanya nih bulan Agustus adalah bulan dimana rasa nasionalisme menggebu-gebu. Tapi kalau bisa ya jangan pas Agustusan saja ya, bund. 

Bu Meta dalam pembinaan pengawas dabin 4 di acara arisan Dawis


Terlepas dari euforia menjelang tujuhbelasan. Biasanya nih kita akan disajikan berita terkait persiapan upacara di Istana Negara. Eh.. Tahun ini jadi di IKN, kah? Yang kemarin ramai kalau pemerintah sudah nyiapin alphard dengan harga sewa yang fantastis itu kan yah. Hmmm... Mau misuh juga gimana, mau diam juga gimana. Ya sudahlah... Cuma bisa bilang "ya udah lah yaaaaa". 


Kembali ke pembinaan ibu pengawas lagi deh. Jadi kalau nggak salah ingat nih, bermula dari kurangnya edukasi terkait sejarah kemerdekaan Indonesia. Oke, aku disclaimer dulu. Materi sejarah kemerdekaan itu ada di kelas 4 dan 5. Tapi disini maksudnya adalah tidak hanya seru perlombaan dan karnavalnya, tapi anak-anak terutama yang masih usia dibawah kelas 4 atau 5 juga harus paham mengenai bagaimana perjalanan negara ini untuk mencapai kemerdekaan. 


Melalui perang dulu, perjanjian secara diplomatis, atau hadiah dari negara yang menjajah. Mereka harus tahu itu. Minimal tahu lah ya siapa proklamator Indonesia. Atau tahu tanggal berapa Indonesia merdeka. Tetapi permasalahannya mengajar materi beraroma sejarah ituuuu... Hehehe.... Mon maaf... Bikin ngantuk nggak cuma murid tapi gurunya juga. Nah loh.... Gimana donk? 🥲


Lagi-lagi guru harus banyak ide untuk dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Nah salah satunya melalui beberapa permainan atau dikemas dengan penyajian materi atau LKPD yang lebih menarik. Misalkan nih, ketika kita ingin mengenalkan bagaimana peta Indonesia, kita bisa mengajak murid bernain puzzle. Mengenal tokoh-tokoh proklamasi dan sejarahnya bisa dikemas dengan timeline dan poster yang bisa kita pasang di kelas atau mading sekolah. 


Atau banyak cara deh yang bisa kita gunakan untuk memberikan pemahaman terkait peristiwa kemerdekaan Indonesia. Pokoknya dibuat seasyik mungkin seperti di kelas 5 yang sudah buguru ajak untuk menggunakan bahan ajar dari twinkl. Dimulai dari yang ringan-ringan dulu ya bund. Dan kebantu banget dengan  bahan ajar tema hari kemerdekaan ini. 


Atau, mau bermain puzzle tema kemerdekaan? Tenang, aku, berikan kepada para bunda untuk dapat mengajak murid ataupun putra-putrinya belajar terkait kemerdekaan Indonesia. Bahan-bahan ajar ini saya dapatkan lagi-lagi di twinkl. Duh sumpah, berlangganan twinkl itu nggak rugi! 


Yuk buruan berlangganan twinkl! 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)