Siap Back To School dengan Bahan Ajar dari Twinkl

By Chela Ribut Firmawati - July 16, 2024

Siap Back To School dengan Bahan Ajar dari Twinkl ~ Tinggal satu minggu lagi nih kita akan menyambut tahun ajaran baru 2024/2025. Sudah nyiapin apa saja nih bapak ibu guru? Atau masih asik dengan tugas administrasi? atau malah menikmati sisa-sisa liburan bersama keluarga sebelum nantinya kita kembali ke sekolah. Hemm.. memang ya, yang libur sepenuhnya adalah murid sementara bapak ibu guru tetap masuk ataupun piket sekolah. 





Jujur nih, waktu piket di liburan ini memang saya dihadapkan pada beberapa agenda persiapan tahun ajaran baru. Selain ada tanggung jawab untuk menyelesaikan penulisan ijasah kelas enam, tetap saja kepingin lebih well prepare di kelas 5 tahun ini. Apalagi ini adalah tahun kedua saya menerapkan Kurikulum Merdeka yang realitanya nggak bikin guru merdeka. Hahaha. 


Persiapan yang sudah saya lakukan beberapa waktu lalu diantaranya :


1. Penataan Ruang Kelas

Rasanya memang ketika anak masuk kelas di awal tahun ajaran baru, mereka harus sudah mendapati kelas yang rapi. Nah, kebetulan kemarin saya diamanahi untuk di kelas 5 lagi dan mendapat murid berjumlah dua puluh lima. Hemmm... selisih sepuluh anak daripada kelas 5 tahun lalu. 

Mendesain ruang kelas ini dengan maksud memberikan ruang belajar yang nyaman bagi anak-anak dengan penataan meja kursi yang nggak klasikal. Lebih memberikan ruang bagi mereka untuk bergerak yang nantinya kami akan belajar sambil bermain. 


2. Modul MPLK alias Masa Pengenalan Lingkungan Kelas

Emang harus? kembali lagi di kebutuhan guru kelasnya masing-masing.  Karena saya ingin menerapkan pengalaman yang saya dapatkan ketika mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, makan saya ingin menciptakan kelas yang menarik dengan melibatkan murid dan memberikan makna kepada murid di setiap pembelajarannya. 


Masa Pengenalan Lingkungan Kelas ini nantinya akan menjadi sarana saling mengenal satu dengan yang lainnya terutama saya sebagai guru kelasnya selama setahun mendatang. Modulnya berisi apa saja? yaaaa, seperti biodata guru, tata tertib kelas, kesepakatan kelas, daftar organisasi kelas, dll. 


3. Menyiapkan Bahan Ajar Semester Baru 

Iyap, nggak usah nunggu supervisi pengawas baru menyiapkan administrasi guru salah satunya modul ajar. Lebih baik memang dipersiapkan jauh-jauh hari. Apalagi untuk Kurikulum Baru, tentunya memang butuh pemahaman lebih. Mana diklatnya juga mandiri melalui PMM jadi kan ya bisa memicu beda persepsi dengan yang diminta pusat. 


Soal bahan ajar tentunya banyak sekali sumbernya dan kemudahan itu bisa juga kita dapatkan di Twinkl. Bahkan di Twinkl disediakan 100 bahan ajar dengan tema BACK TO SCHOOL yang dapat teman-teman download secara gratis. Iya serius!! GRATIS!!!!! 


Dengan adanya bahan ajar dari Twinkl, sudah dipastikan nih kegiatan MPLS ataupun MPLK no mati-mati gaya kan yaaa. Mumpung disediakan gratis dan menjadi sebuah tantangan juga donk buat guru terutama di sekolah negeri untuk bisa menyajikan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Yok buruan didownload!! Masuk sekolah tinggal menghitung hari lagi nih. Dan selamat menyambut tahun ajaran baru 2024/2025. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)