7 Alasan Guru Perlu Memiliki Buku Agenda

By Chela Ribut Firmawati - July 28, 2024

 

Dulu ketika bapak menyiapkan materi mengajar sebelum esoknya dieksekusi di kelas, saya selalu melihat buku tebal bersampul hitam. Sampul itu terbuat dari kulit dan begitu saya pegang teksturnya lembut dan lumayan berat. Selain karena model sampulnya yang cukup tebal, jumlah lembaran kertasnyapun juga banyak. Yang paling saya ingat adalah adanya pita sebagai pembatas halaman. Ditambah sebuah tulisan di sampulnya yaitu “Buku Agenda”.

source: google


Penasaran sih dan beberapa kali membuka buku bapak tersebut. Selain ada halaman yang bertuliskan tangan bapak yang sangat rapi dan presisi, buku agenda itu juga terdapat halaman yang berisi kalender juga beberapa kata motivasi. Iseng bertanya ke bapak, kok harus menulis di buku itu untuk apa. Dan beliau menjawab “supaya bapak tidak lupa!”.

Tapi setelah mengamati bapak dalam menyiapkan sebelum mengajar memang beliau tampak well prepare. Yang paling ikonik adalah buku agenda itu memang tidak pernah ketinggalan. Sekalinya ketinggalan beliau akan senewen dan jaman dulu belum ada HP, jadi bapak rela pulang ke rumah untuk mengambil buku agendanya itu.

Lalu apa sih buku agenda itu?

Melansir dari snapy.co.id, buku agenda secara umum didefinisikan sebagai buku catatan bertanggal yang berfungsi sebagai catatan keluar masuknya surat yang dikirim maupun yang diterima oleh suatu kantor, instansi atapun perusahaan. Pengertian secara lain buku agenda merupakan buku yang berfungsi sebagai buku yang digunakan untuk mencatat semua surat-surat keluar masuk dalam waktu satu tahun atau pada periode tertentu. 

Di sekolahpun juga ada buku agenda dan memang tertata sekali penulisan surat keluar dan masuk, biasanya buku agenda itu masuk sebagai salah satu administrasi kepala sekolah. Bahkan seorang guru juga memang harus memiliki buku agenda. Tetapi sering sekali buku agenda guru itu disebut sebagai buku agenda harian yang tentunya memiliki manfaat tersendiri, diantaranya :

  • Meningkatkan efektivitas pembelajaran 

Agenda guru membantu guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan lebih efektif, sehingga kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa meningkat.

  • Mempermudah akuntabilitas guru

Agenda guru dapat digunakan sebagai bahan evaluasi oleh kepala sekolah atau pengawas pendidikan, sehingga menjadi bukti akuntabilitas guru dalam menjalankan tugasnya.

  • Meningkatkan keterampilan guru

Menyusun agenda guru membantu guru untuk meningkatkan keterampilannya dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.

  • Membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih teratur dan terfokus

Penggunaan buku agenda guru dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih teratur dan terfokus. 

  • Sebagai acuan untuk mengatur waktu

Agenda guru berfungsi sebagai acuan untuk mengatur waktu, menentukan target yang ingin dicapai, dan mengetahui proses pemahaman peserta didik.

  • Sebagai ingatan ganda
  • Agenda guru berfungsi sebagai ingatan ganda ketika lupa dengan kegiatan yang akan dilakukan. 


Download Agenda Guru Di Twinkl

Mengingat pentingnya memiliki buku agenda guru apalagi di tahun implementasi kurikulum merdeka, rasanya kalau harus membuat kolom sendiri di buku tulis kek oldschool banget nggak sih? hahaha. 

Mendingan kalian download saja template agenda guru tahun 2024 secara gratis di twinkl.  Apalagi agenda guru tahun 2024 ini memang disediakan untuk kalian yang sekolahnya sudah menerapkan kurikulum merdeka. 

Bayangkan, kita nggak perlu lagi untuk menggaris-garis buku, membuat kolom dah bahkan kalau supervisi bisa kena tegur pengawas sekolah karena kolomnya salah. Yups, mending pakai template dari twinkl saja kalau saya. 

Praktis, mudah dan tentunya semua bahan ajar dari Twinkl ini kekinan banget! Asyik kaaaannn!!!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)