Bukan Cuma Ganti Oli, Cek Bagian-Bagian Ini Ketika Servis Motor!

By Chela Ribut Firmawati - May 26, 2023

"Ma... Jadwalnya servis si skupi lho ya!" 

Sebuah alarm untuk rutin menyervis motor selalu jadi tugas papa setiap bulannya. Iya, papa adalah orang yang paling cerewet kalau menyangkut otomotif seperti itu. Katanya motor adalah sarana buat mencari uang, jadi kudu disayang. Caranya menyayangi motor sebagai "kaki" kita menuju tempat kerja adalah ya dibersihin dari debu, diajak cuci salju, bahkan rutin di servise.  



Namanya istri tukang ngeyel kan ya, sayapun menganggap orang motor juga masih enak-enak saja dikendarai kenapa harus rutin di servis. Ternyata kendaraan juga harus dilakukan pengecekan setelah mencapai jarak tempuh tertentu, lho. Biasanya pengecekan kondisi motor ini berupa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.


Beberapa bagian yang harus diservis pada motor adalah :
  • Oli Mesin
Asli deh ya, saya baru tahu kalau oli mesin adalah hal krusial yang harus selalu di cek. Karena saya pernah mengalami motor kehabisan oli sehingga tercium aroma gosong dan motor mogok di jalan. Parah sih karena ketidaktahuan saya apalagi saat itu saya memakai motor itu untuk perjalanan Purwodadi-Salatiga.

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Kalau dari pengalaman saya itu, udah pasti melebihi Km yang direkomendasikan sampai oli habissss. Padahal nih biasanya ketika servis ganti oli kita cukup membayar biaya oli dan jasa ganti oli.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

  • Oli Gardan
Pengguna motor matic seperti saya ini wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

  • Busi
Motor sering mogok? Coba deh cek di bagian businya. Busi adalah bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi. Dan biasanya dulu saya sering menyimpan beberapa busi cadangan di bagasi jog motor. Ya meskipun harus tetap ke bengkel sih buat ganti businya. hahaha.
  • Kampas Rem
Kondisi rem yang bagus juga sangat penting untuk keselamatan berkendara. Jadi sebagai pemakai motor juga wajib peka dengan kondisi rem. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

  • Filter Udara
Bagian ini tuh saya rasakan ketika mesin terasa mbrebet-mbrebet gitu. Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

  • Aki Atau Accu
Nah ini adalah part yang biasanya sering agak disepelein karena (kadang) suka sayang aja buat ganti aki baru. Tapi mana tahan sih jika kondisi motor akinya lemah atau nunggu sampai habis. Pegel juga kalau mau nyalain motor harus manual, lampu juga nggak berfungsi dengan bagus dan kondisi motor juga nggak well. Tau nggak berapa tegangan ideal pada aki motor?

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti , ya.

  • Ban
Ban yang halus ketika kita berkendara akan terasa sangat licin dan itu sangat berbahaya. Itulah pentingnya melakukan pemeriksaan ban secara berkala. Bahkan pernah ketika isi angin di SPBU itu saya ditegur mas mekaniknya untuk rutin melakukan pengecekan udara dan tekanan ban dua minggu sekali. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

  • Tune Up Motor Rutin
Servis rutin dengan pemeriksaan semua komponen juga diperlukan motor kalian, lho. Terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Kadang memang ketika servis mekanik akan memberikan arahan untuk selain ganti oli juga ganti sparepart. Tentunya dengan melihat kondisi motor kita juga donk. Sebelum beralih ke motor matic, beberapa kali saya ganti kampas rem, ganti rantai, juga beberapa bagian dalam yang istilahnya saja saya bingung. wkwkwk. Karena kembali lagi saya percayakan ke mas mekanik langganan sih.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Memilih tempat servis itu menurut saya seperti memilih jodoh. Tidak bisa sembarangan apalagi saya pernah menjadi bulan-bulanan orang rumah karena motor lama harus turun mesin dan menjadi kesalahan saya karena saya tidak becus untuk merawatnya. Padahal memang saya benar-benar awam tentang mesin dan sudah rutin juga diservis.

Tentunya memilih bengkel terbaik adalah hal yang sangat perlu kita pertimbangkan. Selain ke bengkel resmi yang kadang antreannya bikin istiqfar berkali-kali, sekarang untungnya ada Planet Ban di kota Purwodadi sebagai tempat servis motor yang bisa saya andalkan. Di bengkel ini, saya mendapatkan pelayanan servis motor dengan sistem servis terpadu.


Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?
  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
  2. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enten
  3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  4. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.
Ada nggak sih perbedaan yang kita dapatkan dengan servis motor di Planet Ban dengan tempat lain? coba perhatikan deh ya dengan melakukan servis motor di Planet Ban maka kita akan mendapati :
  • Seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru
  • Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body semuanya bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga mesin terlihat seperti baru. 
  • Hasil tarikan menjadi lebih enteng, emesi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin bersih total. 
  • Dari segi harga juga terjangkau, untuk mesin injeksi cuma Rp 20.000,00 servis CVT sekaligus rantainya Rp 19.500,00 bahkan servis throttle body cuma Rp 20.00,00. 

Jadi paham sekarang betapa pentingnya untuk rutin cek kondisi motor dan nggak cuma ganti oli motor matic saja. Hihihi. Kenyamanan berkendara itu memang sangat penting ya, dahlah kalau sudah dapat tempat servis paling nyaman nggak ada lagi kata malas servis motor. 

Temen-temen, yuk rutin servis motor kalian! Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Kalau diaku, yang cerewet aku. Soalnya pernah nih dulu motor matic aku lupa ganti oli sampai habis dan rusak motorku.
    Beberapa hari yang lalu aku juga ganti oli di Planet Ban, kukira dulu cuma jual ban aja, eh bisa service dan ganti oli juga.

    ReplyDelete
  2. Klo saya manut tukang servisnya. Mau ngecek ini itu juga gk paham. Yo manut ae wes. Di feeling ae, nipu.gak.e.tukang servise... Hhehehe

    ReplyDelete
  3. Untuk kendaraan bermotor pribadi, seperti motor, memang sebaiknya kenal dan tahu ya, kak. Informatif banget nih tulisannya. Keep inspiring ya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)