REMBUK KOMUNITAS, BERGERAK BERSAMA BERDAYA BERSAMA WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

By Chela Ribut Firmawati - May 28, 2022

REMBUK KOMUNITAS, BERGERAK BERSAMA BERDAYA BERSAMA SUKSESKAN MERDEKA BELAJAR ~ Merdeka Belajar semakin hari semakin di dengungkan. Tak sedikit bahkan dari kalangan pengajar juga berkomentar "mau ganti seperti apa kurikulumnya, mengajarnya ya akan tetap gitu-gitu saja!". Padahal zaman semakin berkembang, begitupun dengan metode mengajar dan pengasuhan anak pasti ikut berkembang. Jadi, sebagai pengajar sudah wajib untuk terus mengupgrade diri supaya tidak menjadi guru yang gitu-gitu aja. 

 


Apalagi saat ini kita dihadapkan dalam PR besar untuk memulihkan dunia pendidikan pasca hantaman pandemi covid-19. Segala macam persoalan juga muncul ketika pembelajaran daring dilakukan. Sebagai guru, sudahkah kita mampu menghadapi permasalahan itu? Juga sebagai orang tua, sudah bisakah kita menghadapi kesulitan yang anak temukan selama pembelajaran di masa pandemi berlangsung? 

 

Itulah mengapa ketika saya diajak bergabung dengan Sidina, komunitas yang menjadi salah satu  bagian dari program Kemendikbud di Merdeka Belajar sangat antusias rasanya. Dalam memperingati Hardiknas, Kemdikbund dan Komunitas Merdeka Belajar mengadakan acara Rembuk komunitas. Mengangkat tema Bergerak Bersama Berdaya Bersama dan diadakan pada hari Selasa, 24 Mei 2022, Pukul 13.00 WIB sampai jam 16.00 berlangsung offline dan juga online via zoom dan streaming di Youtube. Pembicara Utamanya adalah mas mentri Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia). Serta beberapa Narasumber, yaitu :

• Barry Mikhael CS, Content Manager Platform Merdeka Mengajar

• Titien Suprihatien, SMPN 11 Kabupaten Batanghari Jambi

• Rafid Mahlul, Leader Projects NGO Internasional

• Muhammad Faisal, Fasilitator Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MKBM)

 Mona Ratuliu, Founder ParenThink

• Rosa Adelina, Ketua Program Ibu Penggerak

 



Kegiatan rembuk komunitas ini memiliki tujuan, yaitu :

  • Mendorong aksi kolaboratif serentak dari kalangan guru, mahasiswa dan orang tua dalam memberdayakan program Merdeka Belajar Kemendikbudristek demi meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia
  • Mensosialisasikan program Merdeka Belajar secara masif hingga keakar rumput
  • Menyebarluaskan informasi yang tepat dan terpercaya terkaitkebijakan-kebijakan Kemendikbudristek, khususnya terobosanMerdeka Belajar.

Selama kegiatan Rembuk Komunitas berlangsung, saya jadi tersadar bahwa dalam menyukseskan terobosan-terobosan baru dari Kemdikbud memang butuh peranan kita untuk mau bergerak bersama dan peranan komunitas memang sangat diperlukan. Ya, sebagai guru tentu ada komunitas guru yang mana beberapa waktu lalu saya sudah mendapatkan informasi terkait kurikulum Merdeka yang nantinya akan diterapkan di sekolah tempat saya mengajar. 

 


Selain saya tergabung dalam Sidina Komunitas dimana foundernya adalah rekan blogger hebat saya Bu Susi, saat ini saya juga sedang menunggu pengumuman untuk hasil seleksi Program Guru Penggerak angkatan 7. Karena saya merasa sangat perlu untuk menambah bekal agar mampu melaksanakan kebijakan pemerintah dengan baik. Maka dari itu tidak ada salahnya kita bergabung dalam komunitas. 

 

Yuk, jangan ragu lagi untuk bergabung dalam Komunitas Merdeka Belajar agar kita mampu membersamai anak-anak kita dengan lebih baik dan tidak ketinggalan zaman. Ingat, ilmu pengetahuan itu berkembang dan jangan sampai kita jadi ibu atau guru yang gitu-gitu aja!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)