Pentingnya Mempersiapkan Perlindungan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

By Chela Ribut Firmawati - July 06, 2020

Pentingnya Mempersiapkan Asuransi Kesehatan Terlebih di Masa Pandemi Covid-19 ~ Semenjak diberlakukan new normal life, apa sih bekal kita untuk kembali menjalani hari-hari meski ada yang berbeda dari biasanya? Ya, perlindungan diri. Terasa banget bedanya dimana dulunya abai kebiasaan mencuci tangan, sekarang jadi kebiasaan yang kalau nggak cuci tangan terasa beda. Yang di tas tidak pernah tersedia hand sanitizer, sekarang barang kecil itu selalu dibawa kemana-mana. Dan penggunaan masker kain tidak ketinggalan. 
Para Panelis Webinar Bersama Prudential

Saya juga merasakan kok betapa susahnya menghadapi pandemi Covid-19 ini. Semua pekerjaan sampingan harus off dan pemasukan banyak berkurang. Dianjurkan di rumah saja sementara saya bukan tipe yang betah di rumah. Hati jelas bergejolak, stres apalagi. Kondisi seperti itu juga rawan bagi imunitas tubuh. Makanya new normal life saya kembali melakukan aktifitas kembali ke sekolah dan aktifitas lainnya tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. 

Ya, masalah perlindungan diri ini juga menjadi bahasan sangat penting mengingat saat ini korban Covid-19 semakin bertambah. Zona merah di Kabupaten Grobogan hampir merata, bahkan kadang masyarakat nampak ada yang terlena dengan new normal life. Mau tidak mau, kitalah yang bertanggungjawab terhadap kesehatan diri sendiri. 

Jaminan kesehatan apa yang sudah dimiliki? Kalau saya dan keluarga sejauh ini masih dalam naungan BPJS. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menambah asuransi kesehatan untuk keluarga. Iya, sehat itu mahal makanya sebisa mungkin kita mempersiapkan dana kesehatan supaya tidak mengalami kesulitan jika (maaf nih..) harus membutuhkan perawatan medis lebih lanjut. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 mengajarkan dan menyadarkan kita bahwa resiko kesehatan bisa menyerang kapan saja tanpa di prediksi.

Itulah mengapa yang memacu PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan produk asuransi kesehatan terbaru guna  menegaskan komitmennya selama 25 tahun untuk selalu mendengarkan, memahami dan mewujudkan berbagai kebutuhan perlindungan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang bagi seluruh keluarga Indonesia.

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, mengatakan bahwa Prudential  Indonesia kembali berinovasi melalui PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah sebagai solusi asuransi kesehatan murni yang terjangkau dan terfokus pada perlindungan kesehatan. Di masa mendatang, nasabah juga dapat meng-upgrade polis mereka guna mendapatkan tambahan manfaat yang makin menyeluruh, termasuk investasi.

Memang di kondisi yang sangat berdampak saat ini wajib bagi kita untuk bijak dalam mengatur keuangan bahkan merencanakan keuangan termasuk dalam mempersiapkan dana kesehatan/ perlindungan kesehatan. Prof. Budi Hidayat, SKM, MPPM, PhD selaku pakar ekonomi dan asuransi kesehatan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia,memaparkan bahwa :

“Tantangan kesehatan yang kini makin kompleks melahirkan sejumlah risiko sakit, sehingga perencanaan keuangan yang tepat menjadi krusial agar terhindar dari pengeluaran katastropik, yaitu ketika rumah tangga membelanjakan lebih dari 10% total pendapatan mereka (diukur dari tingkat konsumsi) untuk perawatan kesehatan. Faktanya, pada 2013, ada 4,2% penduduk (10,5 juta jiwa) membelanjakan lebih dari 10% total pendapatan mereka untuk biaya kesehatan 1 . Angka ini naik menjadi 4,5% (atau 11,8 juta jiwa) pada 2017.”

“Peluang kejadian belanja katastropik rumah tangga makin tinggi ketika ada anggota keluarga yang membutuhkan pelayanan rawat inap. Pada 2017, misalnya, kejadian belanja katastropik akibat risiko sakit di antara pasien yang butuh layanan rawat inap mencapai 27,9% (3,1 juta jiwa). Jika tidak disiasati dengan baik, maka pengeluaran katastropik yang merapuhkan kondisi finansial keluarga berpotensi terjadi pada siapa saja, tanpa pandang bulu,” lanjut Prof. Budi.


Sementara riset pada 2015 yang ditujukan bagi para peserta asuransi yang baru saja keluar dari rumah sakit di 6 provinsi (Jakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara) menunjukkan bahwa 18% dari 2.728 pasien masih membayar biaya pengobatan dengan uang pribadi mereka (out of pocket). Hal seperti ini pernah mengalami, bukan? termasuk pengalaman melahirkan anak pertama saya yang full dari kantong pribadi. huhuhuhhuhu

grafik kenaikan biaya kesehatan


Ditengah ketidak stabilan finansial yang memang dirasakan dari berbagai lapisan kalangan, Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia menjelaskan, “PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah adalah solusi proteksi kesehatan murni tanpa komponen investasi yang komplit dengan harga terjangkau dan memiliki fleksibilitas tinggi pada pilihan perlindungan kesehatan serta jangkauan hingga ke seluruh dunia sesuai dengan plan yang dipilih.

PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah menawarkan perlindungan kesehatan bagi keluarga Indonesia terhadap risiko rawat inap sesuai tagihan rumah sakit untuk manfaat tertentu. Produk ini juga menghadirkan berbagai kemudahan tambahan dalam registrasi dan administrasi rawat inap di seluruh rumah sakit yang tergabung dalam jaringan PRUMedical Network.


Berikut 8 keunggulan produk PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah:
1. Fleksibilitas dalam memilih satu dari delapan plan wilayah pertanggungan, tipe kamar, dan batas harga kamar

2. Perlindungan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah mencakup hingga ke seluruh dunia berdasarkan plan yang dipilih

3. Batas Manfaat hingga Rp65 miliar dengan fasilitas PRUSolusi Sehat Limit Booster berdasarkan plan yang dipilih

4. Manfaat perawatan selama 30 hari sebelum dan 90 hari setelah tindakan bedah rawat jalan (one day surgery)

5. Masa Pertanggungan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang hingga Tertanggung berusia 99 tahun

6. Manfaat rawat jalan kanker dan cuci darah sesuai tagihan, tanpa atau dengan rawat inap sebelumnya

7. Kunjungan dokter umum dan dokter spesialis (serta sub spesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali per hari

8. Pembayaran manfaat untuk perawatan di luar wilayah pertanggungan dengan persentase tertentu, mengacu ketentuan pada Polis



Tersedia juga no claim bonus untuk PRUSolusi Sehat dan fasilitas manfaat berkembang untuk PRUSolusi Sehat Syariah, berupa 10% dari batas Manfaat Tahunan awal hingga maksimum 50% Manfaat Tahunan Awal jika tidak ada klaim selama setahun dan polis selalu aktif. Selain itu, jika nasabah melakukan pembayaran premi secara tahunan maka nasabah hanya membayar premi 11 bulan saja (hemat satu bulan premi). Lumayan kan?

Ada juga aplikasi mobile Pulse by Prudential untuk mengakses e-card PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah agar nasabah dapat memaksimalkan dalam memanfaatkan polis. Dan terdapat juga layanan nasabah PRUServices seperti detail polis hingga klaim e-reimbursement, sekaligus gambaran umum kondisi kesehatan dan tips meningkatkan gaya hidup sehat. 

Jadi bagaimana dengan kemudahan yang ditawarkan oleh dua produk inovasi dari Prudential, menarik bukan? Jadi memang penting untuk mempersiapkan asuransi kesehatan terlebih di masa saat ini. Berharapnya juga kondisi segera pulih sehingga keadaan bisa menjadi lebih baik dan tanpa ada kekhawatiran bagi keluarga. 

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. perlindungan untuk kesehatan emang sangat penting, karena kita gatau kapan kesehatan itu akan menurun. jadi untuk penjagaan

    ReplyDelete
  2. Sekarang semakin banyak pilihan untuk perlindungan kesehatan keluarga ya che. Semoga pelayanannya juga semakin baik

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)