Pentingnya Menggunakan Sunscreen Yang Wajib Kalian Ketahui!

By Chela Ribut Firmawati - June 10, 2020

Saya pernah merasa inscure banget soal penampilan. Dulu pernah mencapai berat badan 60 kg dan banyak yang mengatakan saya gendut. Trus wajah berjerawat yang tadinya di sekitar rahang justru bertambah di seluruh wajah setelah ikut treatment diskonan di sebuah klinik estetika. Salah siapa gitu ya mau aja didiskon. hahaha. Cuma memang insecure karena omongan orang itu ngalamin banget. 


Bahkan sampai sekarang juga masih. Mau niat becanda atau apalah itu namanya dan menyinggung soal fisik, saya mending mundur daripada berubah jadi emosi. Nggak tahu juga ya karena banyak trauma di bilang nggak bisa merawat diri makanya wajah jerawatan, badan melar, ada juga yang bilang sayang duitnya buat beli krim dokter. 


Sementara saya juga nggak diam saja. Kata orang "Beauty is pain" itu bener sekali. Selama saya mengalami jerawat infeksi di semester akhir kuliah sampai tahun 2013 juga ada usaha buat nyembuhin. Rutin datang di salon Manis, satu-satunya salon yang bisa menyembuhkan jerawat saya meskipun facialnya luar biasa sakit. Itupun juga didukung sama peran pacar tersayang (saat itu sih...) yang selalu ngingetin "yank... facial ya biar jerawatnya sembuh..."eh udah gitu dibayarin juga. Giliran wajah udah nggak jerawatan malah ditinggal pergi gitu aja. Kan,,, sakitnya jadi dobel. huhuhuhuhu. 


Saya rela sakit demi sembuh dan tampil cantik demi pacar, eh diputusin dan ditinggal pergi ke luar pulau...pulang-pulang dia nikah... hahahaha.. nyeseg!


Dari cerita itulah mengapa saya ada rasa enggan untuk facial atau datang ke klinik estetika apalagi bersentuhan dengan berbagai krim dokter. Mungkin trauma karena tidak cocok sih iya meskipun di Purwodadi saat ini sudah menjamur praktek klinik estetika. Dan anehnya saya memilih untuk perawatan sendiri dengan produk-produk lokal, bonusnya kok ternyata cocok di wajah saya. 


Ketika teman merekomendasikan krim dari mazay*** , dokter A, klinik C, D, E , F, itu bagus lalalalalalal liililililili. Saya nggak goyah sama sekali karena TRAUMA.


Salah satu hal penting yang tidak pernah saya lewatkan adalah penggunaan sunscreen. Dulu saya selalu skip penggunaan sunscreen karena krim pagi saja sudah bikin wajah tampak nggedabel lembabnya. Tapi ternyata sunscreen ini tahapan paling penting, lho. Karena sunscreen memiliki fungsi sebagai pelindung kulit dari beragam agresi lingkungan sehingga kulit akan selalu terjaga. 

Beberapa manfaat dari pemakaian sunscreen sesuai dengan pengalaman saya antara lain :

  • Kulit tampak lebih cerah dan bebas kusam
Selain berjerawat memang kulit wajahku kusam dan tidak rata warnanya. Kemudian dari postingan salah seorang teman tentang penggunaan sunscreen, saya mencoba untuk membeli sunscreen dari brand latulip seharga kalau nggak salah ingat sekitar 28.000 rupiah. 

Pict by google

Niatnya memang mau mencari yang murah dulu dan lihat sejauh mana kecocokannya dengan kulit wajah. Rangkaian perawatan wajah yang saya gunakan saat itu adalah aloe vera shooting gel dari Nature Republik yang diakui kedahsyatannya oleh sejuta umat dan latulip sunscreen cream. Efek yang terasa wajah menjadi lebih lembab, kulit tampak bersih dan merata, dan kusam mulai berkurang. 

  • Mencegah Sun burn
Sebagai guru memang kegiatan tidak melulu di dalam kelas. Malahan terasa lebih menyenangkan jika ruang kelas terbebas dari dinding kelas dan lebih dekat dengan alam. Saat berkegiatan di luar kelas tentu akan bertemu langsung dengan paparan sinar matahari. 

Sesuai dengan fungsinya, sunscreen mencegah dari sun burn yang bisa menimbulkan rasa panas dan merah di wajah. Meski matahari sedang terik-teriknya, nggak ada khawatir rasa terbakar pokoknya. Cuma memang saya takut hitam dari dulu. hahaha.

  • Mengurangi timbulnya komedo
Kezel ya kalau lagi memegang wajah eh rasanya kok nggak halus. Atau ada nampak komedo kecil-kecil putih yang minta di pencetin, padahal belum ada sebulan baru facial. Ternyata diam-diam sengatan matahari juga bisa memicu timbulnya komedo, maka dari itu keberadaan sunscreen juga penting supaya komedo nggak sering muncul. 

Ada baiknya juga kita lakukan scrubbing seminggu sekali dan dilanjutkan dengan maskeran. Biasanya juga saya scrub sendiri dengan bahan yang ada di dapur seperti garam dan perasan jeruk nipis. Selain murah dan mudah di dapatkan, bahan ini juga khasiatnya luar biasa lho. 


  • Mencegah penuaan dini
Tua itu hal yang pasti dan tidak bisa di tolak. Meski banyak yang mengira saya masih 25 tahun (ehem......) ternyata memiliki usia di kepala 3 itu harus memperhatikan kondisi kulit wajah. Paparan sinar matahari ditambah polusi udara bisa menyebabkan munculnya komedo, flek hitam di wajah alias porongen dan wajah yang kusam. Nah, manfaat inilah yang menyadarkan saya juga untuk menggunakan sunscreen.

  • Mencegah kanker kulit
Ini point yang penting karena paparan sinar UV juga bisa menyebabkan kanker kulit. Jadi jangan sampai tidak menggunakan sunscreen ya. 

****
Mengingat betapa pentingnya penggunaan sunscreen ini, saya cuma bisa bilang untuk kalian yang masih ogah-ogahan memakai untuk segera memulainya. Memang sih cantik itu relatif, tapi merawat diri juga perlu banget. Karena kesehatan kulit wajah juga menentukan enak tidaknya orang melihat kita. Yeekaan? 

Untuk recomendasi produk sunscreen sebenarnya ada banyak apalagi banyak beauty blogger dan vlogger yang mengulas. Perlu diingat belum tentu satu produk cocok di dia tapi tidak cocok di kalian. Kenali kondisi wajah kalian dan saring dulu mana yang menurut kalian cocok ya. Karena mengalami wajah yang "kurang enak dipandang mata" itu bikin insecure banget. 

Nggak ada kata terlambat untuk mulai skincare-an, kok. Asal kita bisa melawan rasa malas!

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. aku lagi berusaha banget untuk konsisten re-apply sunscreen nih mbak. Demi masa depan yg cerah. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rosa... Iya nih penting banget apalagi kalau sering di luar ruangan yaaa... Pokoknya kesehatan kudu dijaga termasuk kesehatan kulit

      Delete
  2. Saya dulu kiranya pake sunscreen itu kalo mau ke pantai aja biar gak gosong kulit muka, skrg kayaknya emang harus pake tiap saat ya, biar muka selalu terlindungi dan gak gampang keriput gt

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)