Mendapatkan Buku Bacaan dari Room To Read

By Chela Ribut Firmawati - June 11, 2020

Mendapatkan Buku  Bacaan dari Room To Read ~ Dua tahun belakangan ini selama mengajar kelas lima, kelas saya berdekatan dengan gedung perpustakaan sekolah. Realita yang ada tentang gedung perpustakaan itu adalah kotor, berdebu, dan banyak rayapnya. Semua bermula karena tidak pernah dibuka bahkan dibersihkan. Hanya Mbah Pur kantin saja yang selalu setia membersihkan area luar perpustakaan karena lokasi kantin yang tepat di depan perpustakaan. 



Melihat gedung yang masih kokoh tapi minim sumber bacaan itu saya sedih dan mikir. Mengajukan bantuan buku untuk perpustakaan ternyata juga nggak semudah yang saya pikirkan. Yang ada memang sumber bacaan masih buku lawas tahun 80-90an yang tersisa juga ada tumpukan buku tematik kurikulum 2013. 

Saat saya melihat minat baca yang tinggi ada pada anak-anak, tetapi tidak didukung dengan sumber bacaan yang menarik dan variatif. Jadilah perpustakaan itu kosong dan tidak berfungsi kecuali sebagai tempat latihan melukis dan nembang jawa. 

Mungkin Tuhan mendengar keluh kesah saya, disaat salah seorang penulis buku anak Purwodadi memposting buku karyanya dan saya tertarik untuk membelinya. Mbak Lia memang tidak menjual buku karyanya tersebut, tetapi Mbak Lia menawarkan untuk membantu saya mengajukan bantuan buku bacaan di Room To Read melalui PT Provisi Mandiri Pratama. 

Tentang Room To Read bisa kalian baca di www.roomtoread.org yaaa....

Berdasarkan yang Mbak Lia katakan, di Room To Read ini memang buku-bukunya tidak diperjual belikan dan memang kualitas buku juga ceritanya memang sudah pilihan banget. Jadi bisa dikatakan memang bukunya itu TOP BANGET. 

Sebelum saya melangkah untuk mengajukan proposal buku bacaan dan menanti Mbak Lia mendapatkan prosedur untuk pengajuan, saya izin kepada kepala sekolah karena memang saya menggunakan instansi sekolah untuk pengajuan buku bacaan ini. 

Alhamdulillah banget karena Bapak Kepsek menyetujui bahkan mendukung rencana yang saya utarakan. "Dicoba saja bu, nanti kita ganti ongkos kirimnya gapapa". Siapa yang nggak seneng coba? hahaha

Proposal dikerjakan dengan mengajukan beberapa perpustakaan dan rumah baca
Pengajuan bantuan buku bacaan ini memang ada tujuan untuk meningkatkan literasi baik di sekolah maupun masyarakat. Nah, selain mengajukan untuk perpustakaan sekolah, saya juga mengajukan beberapa rumah baca dan TK untuk bisa mendapatkan buku bacaan ini. 

Deg deg an sih mengajukan proposal ini, dan alhamdulillahnya nih ya Mas Muharam selaku yang menghubungkan saya dengan timnya juga sangat ramah bin kooperatif. Jadi selain lewat email komunikasi kami terkait informasi sekolah dan taman bacaan juga melalui whatsapp. 

"Email proposal sudah kami terima ya, bu. Tunggu beberapa hari dan kami segera proses untuk pengiriman bukunya!"

oh helloww... rasanya saat itu BAHAGIA SEKALI!!!! Nggak nyangka saja kalau ternyata di acc dan saya bisa memberikan buku bacaan untuk anak-anak. 

Buku Datang dalam 2 kali Pengiriman
Momen membahagiakan itu saat bukunya datang. Awalnya memang hanya ada satu kardus kecil berisi 18 eksemplar buku dalam dua judul. Oke, karena saya merasa buku yang dikirimkan itu ya saya segera konfirmasi ke mas Muharam. 

Tapi ternyata buku yang dikirimkan ada 20 judul dimana masing-masing judul berjumlah 9 eksemplar. Nah bisa dihitung kan berapa banyak buku yang saya terima di dua kali pengiriman. Satu kardus kecil dan satunya kardus besar. Duh rasanya amazed banget!!!!



Setelah memastikan untuk mengkonfirmasi dan mengucapkan banyak terimakasih kepada mas Muharam, Tim Provisi dan Room To Read. Buku segera saya packing sesuai jumlahnya dan segera saya distribusikan ke sekolah dan taman bacaan sesuai yang saya cantumkan dalam proposal. 

Jadi buku itu saat ini berada di : 

💜 Sudut baca kelas 5 A SDN 1 Ngembak
💜 Perpustakaan SDIT Al Firdaus Purwodadi
💜 Rumah Baca Bintang binaan Mas Yuli di Karangrayung
💜 Taman Bacaan Ayom Ayem binaan Mbah Raden di Tawangharjo
💜 Perpustakaan SDN 2 Ngembak
💜 Taman Bacaan Nawangsari binaan Bang Roni yang ternyata dihibahkan ke salah satu TK di sekitar Penawangan
💜 Sudut baca pribadi rumah saya hehehehe...
💜 Perpustakaan TK Darma Wanita 1 Desa Ngembak
💜 PAUD (lupa namanya) binaan Bu Six Desa Ngembak
💜 SD tempat Pak Maul ngajar di Lampung

dan beberapa saya bagikan kepada teman-teman penggiat literasi di lingkungan sekitarnya. Sayangnya ketika saya menyerahkan buku kok nggak ada fotonya. hahaha. 
Dokumentasi dari Mbak Lia 


mendarat di Padepokan Ayom Ayem


Untuk penerbitnya juga beragam, ada dari BIP, Pelangi Mizan, Literasi Anak Indonesia, dan Puspa Swara. Sementara kualitas buku jangan ditanya ya. Selain cerita yang menarik, bagus dan gampang dimengerti oleh anak-anak, gambar ilustrasinya juga sangat menarik sehingga ceritanya terasa hidup. Kualitas kertas cetaknya juga tebal jadi aman tidak mudah sobek. 

Yang lebih membanggakan lagi adalah buku dengan jenis picture book ini penulis dan ilustratornya juga dari beberapa penulis hebat di penjuru negeri ini lho. 💖

So far anak-anak memang suka dan beberapa judul dibaca berulang sampai hapal ceritanya. hahaha. Terimakasih untuk Mbak Lia atas bantuannya mendapatkan buku-buku dari Room To Read. Buku yang tidak diperjualbelikan dan limited edition. 


Berharapnya buku-buku yang sudah saya distribusikan bisa bermanfaat untuk anak-anak. Nah buat temen-temen guru yang ingin mengajukan buku bacaan anak model picture book, bisa menghubungi saya untuk tata caranya ya. 

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Alhamdulillah ya mba Chel, dengan banyaknya buku yang beragam nantinya anak-anak juga semakin semangat membaca. Bisa makin menumbuhkan minat baca juga.

    ReplyDelete
  2. Selamat menumbuhkan minat baca anak

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)