Tips Menggunakan Masker yang Benar di Era New Normal Life dari Dr. Reisa Broto Asmoro

By Chela Ribut Firmawati - June 23, 2020

Tips Menggunakan Masker yang Benar di Era New Normal Life dari Dr. Reisa Broto Asmoro ~  Sahabats, bagaimana dengan New Normal Life di daerah kalian? Semenjak ditetapkannya kebijakan New Normal Life di Purwodadi, jumlah pasien yang terinfeksi covid-19 bertambah di dua minggu terakhir. Makanya, kondisi Kabupaten Grobogan saat ini banyak zona merahnya. "Grobogan Membara" begitulah sebutan yang dikatakan oleh banyak orang ketika update status mengenai covid-19. 
Covid-19 grobogan



Infografis situasi covid-19 di Grobogan

Di tengah was-wasnya kondisi Grobogan yang semakin membara, Surat edaran dari Dinas Pendidikan menyebutkan bahwa tanggal 8 Juni kami bersiap untuk menyambut the new normal life dalam urusan pekerjaan. Yang mana artinya kegiatan #DiRumahAja beralih menjadi #WorkFromOffice.

Back to school..... yeeeee!!!! Antara senang dan bimbang. Takut sama corona. Sekolah masuk lagi, minggu-minggu pelaksanaan Penilaian Akhir Semester. Meski bu gurunya sudah masuk tetapi anak-anak masih #SchoolFromHome. Ya agak percuma juga sih ya... Karena yang biasa saya ajar masih di rumah. hihihihi.

Tapi PAS harus tetap dilaksanakan melalui sistem daring, dan minggu berikutnya adalah waktu untuk mengerjakan nilai rapor. (mon maaf karena sibuk ngolah nilai jadi telat setor arisan link nya). hihihhihi

Dalam menghadapi New Normal Life dan keparnoan saya karena kondisi kotaku yang berada di zona merah. Satu hal yang selalu saya terapkan yaitu adalah sering mencuci tangan dan menggunakan masker. Sedih loh ketika di jalanan banyak yang tidak memakai masker. Padahal kita tahu sendiri, masker bisa menyelamatkan kita dan orang lain. 

Penyebaran covid-19 melalui droplet, makanya masker berperan penting dalam pencegahan covid-19. Selain itu kita pasti sudah hafal anjuran untuk jaga jarak, bukan. Protokol kesehatan wajib banget kita perhatikan apalagi untuk menghadapi new normal life. Mau sembunyi terus dari corona? Jujur saja, saya nggak sanggup kalau terus di rumah saja. 

Dalam pidatonya sebagai Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter cantik Reisa Broto Asmoro membagikan beberapa hal penting mengenai masker. Nih saya rangkum untuk kalian, karena sering kali saya sendiri abai bagaimana menggunakan masker yang baik dan benar!

1. Masker wajib digunakan jika kita harus beraktifitas di luar rumah, atau dalam kondisi penuh sesak atau ketika bertemu dengan orang.

2. Perhatikan jenis masker yang kita gunakan. Ada 3 jenis masker yaitu masker kain, masker bedah dan masker N95.

3. Rekomendasi masker kain adalah gunakan masker kain dengan 3 lapisan. 
  • Bagian dalam adalah kain hidrofilik,(kain katun yang dilapisi oleh lapisan yang mendukung agar filtrasi maksimal). Contoh kain katun atau pollyester.
  • Bagian  luar berupa lapisan kain hidrofobik atau bersifat anti air.
4. Perhatikan dalam hal penggunaan, pencucian, dan penyimpanan. Cuci masker setelah selesai di gunakan dengan durasi maksimal 4 jam pemakaian.

5. Jika masker lembab atau basah segera ganti dengan baru. Usahakan bawa masker lain untuk cadangan.

6. Gunakan masker dengan tepat. Menutup hidung sampai dagu. Tidak menaik turunkan masker, tidak menyentuh bagian depan masker setelah digunakan beberapa saat. 

7. Lepas masker dengan cara yang tepat yaitu dengan memegang bagian tali tanpa menyentuh bagian depan.

8. Masukkan masker ke kantong kertas atau kantong plastik tertutup agar tidak mencemari barang-barang lain yang tersimpan dalam tas.

9. Segera cuci masker begitu sampai di rumah.



Dokter Reisa Broto Asmoro Covid 19
by okezone.com


Wah, banyak juga ya ternyata mengenai cara memakai dan merawat masker dengan baik dan benar. Dengan ditunjuknya dokter Reisa Broto Asmoro sebagai jubir penanganan covid-19 di Indonesia, saya seneng banget dan seperti mendapatkan angin segar. Begitupun antusiasme warga +62, sempat jadi trending topik di twitter loh. Banyak yang berharap ada perkembangan ke arah positif mengenai penanganan covid-19 di negeri ini. 

Bahkan saya sendiri masih bertanya-tanya, sejak di tetapkan masa pandemi ini, kemana ya menkes kita ini... kok nggak kelihatan gitu. xixixixi. 

Tak apalah, yang penting sebagai warga masyarakat yang baik kita usahakan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari kerumunan, jaga jarak minimal 1 sampai 2 meter dan gunakan masker. 

Ingat, 
Maskerku melindungimu... Maskermu melindungiku.

Tetap optimis yuk, karena kita harus menghadapi era kehidupan baru di masa pandemi covid-19 ini. Saya yakin, ini semua akan berlalu dan bisa kembali bertemu dengan anak-anak di sekolah. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku ya, sahabats.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)