Pembelajaran Tematik : Bermain Dengan Leaflet (Brosur) Minimarket
By Chela Ribut Firmawati - January 23, 2018
via pixabay |
Kalau kalian bilang anak zaman now beda sama anak zaman old, aku sih setuju alias yes. Sepengalaman hampir 7 tahun ngajar, anak zaman now memang luar biasa. Anak generasi milenial yang lebih kritis dalam berbagai hal, dan mengaharapkan murid yang tunduk bin takhluk ke guru mah... Susye-susye gampang.
via giphy |
Dari pada nganggur, tanpa RPP atau perencanaan matang hanya berbekal lihat materi di silabus, kumanfaatkan saja leaflet itu.
Matematika :
💰 Mengenal bilangan ribuan sampai ratus ribuan
💰 Mengenal nilai tempat
💰 Mengenal mata uang
💰 Operasi hitung bilangan (penjumlahan dan pengurangan ribuan)
Bahasa Indonesia :
📖 Membaca memindai (melihat secara seksama barang dan nominalnya)
📖 Menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan
📖 Berlatih menulis dalam tabel
📖 Mengemukakan pendapat di depan kelas
IPS :
♣️ Mengenal mata uang
♣️ Mengenal berbagai macam kebutuhan hidup manusia
♣️ Membedakan kebutuhan pokok, sekunder dan tersier
Karena ini adalah kerja kelompok, dalam pengamatan dan penilaiannya pun bisa meliputi penilaian individu dan kelompok. Penilaian individu lebih ke bagaimana keaktifan anak dalam kelompok, cara mereka menyampaikan pendapat dalam kelompok, dan menghargai pendapat teman sekelompoknya. Sementara penilaian kelompok lebih menekankan dalam kekompakan dan kerja sama.
Alat dan Bahan :
🏆 5 buah leaflet
🏆 Kertas hvs
🏆 Pensil
Kegiatan pembelajaran :
🌠 Bagi kelas menjadi 5 kelompok. Atau dalam satu kelompok terdiri maksimal 5 orang.
🌠 Berikan kertas hvs dan leaflet ke masing-masing kelompok.
🌠 Perintahkan kelompok untuk membagi perannya. Ketua kelompok, sekretaris, dan anggota.
🌠 Kemudian ajak anak untuk melihat dengan teliti berbagai macam daftar barang dalam leaflet.
🌠 Berikan mereka berdiskusi menyelesaikan tugasnya. Memilih daftar barang dan menuliskan harganya. Sertakan juga dalam tabel untuk menuliskan bilangan ribuan dalam bentuk huruf.
🌠 Setelah selesai perintahkan ketua kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
🌠 Bersama dengan guru, ajak anak untuk menyimpulkan pembelajaran.
Dalam pembelajaran yang model ini, anak-anak justru lebih seneng. Next, bikin pembelajaran yang gimana lagi ya?? Ada usul?
2 comments
kalo cara belajarnya kayak gini bisa lebih aktif anaknya. beda jaman dulu masih sekolah, sering loncat loncat atau malah ijin ke toilet terus ke kantin makan kak.hehehe
ReplyDeletedunia belajar mengajar jaman sekarang ... gurunya gak bisa otoriter kayak jaman aku masih SD di tahun 90an ya dan muridnya pun sekarang metode belajarnya beda ... PR buat guru dan buat orang tua murid ya mbak
ReplyDeleteSilahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)