Indonesia Hebat Melalui Peran Guru

By Chela Ribut Firmawati - April 01, 2014



berkibar di perahu nelayan. 
Saya selalu merinding setiap upacara di hari senin melihat bendera merah putih dikibarkan dengan iringan paduan suara khas anak-anak dan lagu Indonesia Raya. Melihat mereka berseragam putih merah lengkap dengan dasi dan topi. Berdiri tegak walau matahari menyengat (yang seharusnya sebagai cambuk yang mengingatkan kita tentang kecintaan kita kepada ibu pertiwi, tanah air kita yaitu Indonesia), memberi hormat meski saya yakin diantara mereka belum memahami apa arti dari penghormatan itu, mendengarkan pembacaan pembukaan UUD 1945 yang di dalamnya mengandung 4 tujuan bangsa Indonesia, menirukan pembacaan pancasila secara serempak, dan mendengarkan amanah dari Pembina upacara. Itulah fenomena setiap hari senin saat saya menjadi seorang siswa dan kini menjadi seorang guru. 


Bahkan setiap hari saya selalu melihat merah putih dengan gagahnya berkibar di udara seolah menantang matahari. Ya, itulah Indonesia. Sebuah negeri dengan jutaan kekayaan dan keberagaman ini dulu selama 3,5 abad dijajah Belanda dan 3,5 tahun dijajah Jepang. Kini, kemerdekaan sudah menjadi milik kita. Sebagai seorang penerus bangsa, banyak aksi yang kita berikan sebagai wujud sumbangsih terhadap  Indonesia. Ya, saya anak muda, lahir dan dibesarkan di bumi Indonesia dengan sebuah mimpi yang saat ini sudah saya mulai jajaki untuk saya wujudkan dan mengambil andil dalam mencerdasakan kehidupan bangsa (dimana saat inilah saat yang diimpikan para pendahulu kita, para pahlawan yang berjuang untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu bardaulat adil dan makmur)

Lalu sebagai guru, apa yang akan saya lakukan untuk mewujudkan Indonesia hebat?


Penanaman karakter pancasila , dimana jajahan saya adalah anak usia sekolah dasar mereka ibarat kertas putih dan gurulah yang akan mencoretkan tinta dalam kertas putih itu. Sebuah pengajaran memang perlu memperhatikan kapasitas pola pikir anak-anak, usia mereka adalah usia belajar sambil bermain. Dan penanaman karakter kepada anak ini bisa diwujudkan melalui pembelajaran budi pekerti dengan menerapkan butir-butir pancasila. Kita punya Pancasila dan UUD 1945, jika keduanya mampu diterapkan dengan baik dan maksimal insyaAllah tujuan bangsa Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 dapat terwujud dengan baik.

Pendampingan dan pelayanan. Dua hal yang sangat berkesinambungan dimana dalam pelaksanaan proses transfer ilmu harus ada pendampingan dan juga semangat melayani. Guru adalah sebuah profesi panggilan jiwa, bukankah masa depan negeri kita ini ada di tangan anak-anak hebat melalui “olahan” guru-guru nya di sekolah?. Seorang guru menurut saya tidak akan berhasil manakala dalam pembelajaran hanya mengutamakan selesainya sebuah materi tanpa ada pendampingan dan pelayanan yang maksimal. 

Sebagai guru pasti berperan dimana kita mengajari mereka untuk bermimpi. Anak-anak memiliki sejuta impian untuk negrinya yang mereka sebut Indonesia Hebat. Mimpi-mimpi mereka ukir sejak dari bangku TK sampai perguruan tinggi. Dan mimpi mereka akan tumbuh dan berkemabang di usia sekolah dasar. Bukan cemoohan yang harus diberikan kepada anak-anak ketika mereka berimajinasi dengan mimpinya, tetapi semangat dukungan dan juga dorongan untuk tidak takut bermimpi. Sudah barang tentu diimbangi dengan sebuah ajakan untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

Guru juga perlu berkolaborasi dengan stakeholder pelaksana pendidikan. Kepala sekolah, orang tua/wali murid, komite dan masyarakat sekitar. Bahwa seperti yang sudah kita ketahui ilmu tidak hanya datang dari seorang guru, lingkungan sekitar menyediakan ilmu yang sangat melimpah. Jika stakeholder bersinergi dalam menciptakan keberagaman dalam menyampaikan ilmu kepada siswa, bukankah akan semakin seru pembelajaran yang akan didapat siswa. Dimana dalam keberagaman itu tadi tak lupa menanamkan rasa tenggang rasa dalam menghadapi keberagaman.

Dunia semakin maju dengan adanya globalisasi, sudah barang tentu ilmu pengetahuan semakin berkembang. Di era yang orang katakan digital inilah guru dituntut untuk bisa berinovasi dengan memanfaatkan IPTEK. Namun dalam pelaksanaannya banyak sekali pro kontra masyarakat. Mengemas sebuah pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK merupakan sebuah solusi yang perlu diimbangi dengan sosialisasi kepada masyarakat yang masih awam dengan IPTEK. Pro dan kontra masyarakat jangan menjadi penghambat seorang guru untuk bekerja mewujudkan Indonesia Hebat. 

Siswa sekolah dasar ibarat spons yang menyerap apa saja yang dilakukan dan dikatakan oleh guru. Maka dari itu guru tak hanya sebagai fasilitator ilmu juga harus bisa berperan sebagai pemberi contoh yang baik kepada siswa. Berperilaku yang baik sesuai dengan kaidah dan kode etik guru adalah salah satu cara dimana kita bisa menciptakan generasi penerus bangsa yang akan membangun Indonesia Hebat

Sebuah perubahan akan mampu dilakukan jika ada niat dan kemauan yang kuat. Guru dan apapun profesi kita, lakukanlah itu dengan semangat memberi dan mengabdi yang terbaik untuk Indonesia. Kemauan dan sumbangsih kitalah yang akan merubah Indonesia menjadi yang lebih baik lagi. Sebagai generasi muda, rasanya sangat disayangkan jika kita hanya berandai-andai. Yuk, kerahkan tenaga kita berhentilah berandai-andai. Lakukan yang terbaik untuk menjadikan Indonesia Hebat.


PS : Saat ini Indonesia tidak hanya butuh generasi muda yang cerdas dan penuh dengan semangat tetapi ada pondasi yang harus dijadikan pedoman utama yaitu Akhlak Mulia... ya saat ini Indonesia membutuhkannya, dengan Akhlak Mulia kita bisa menumbuhkan dan memperkuat kecintaan kita kepada Negara, sesama warga negara dan keluarga. Dengan menanamkan sikap jujur, toleransi, saling menghargai kepada generasi muda adalah hal yang sangat penting, bukan hanya ilmu pasti atau ilmu hitung, dan juga bukan dengan nilai akademik saja


Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Ngeblog #IndonesiaHebat

  • Share:

You Might Also Like

53 comments

  1. terimakasih banyak, informasinya bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak, informasinya bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Beberapa saat setelah negerinya ludes di bom, Kaisar Jepang bertanya:"Berapa guru yang masih ada?"
    Betapa guru sangat penting dalam kehidupan manusia
    Tanpa guru apa jadinya awak ini
    Semoga berjaya dalam lomba
    Salam sayang selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman dulu memang Indonesia selalu mengirimkan tenaga guru ke luar negri ya dhe....

      terimakasih dukungannya dhe :)
      salam sayaa :)

      Delete
  4. mari kita melakuan yang terbaik untuk Indonesia menjadi hebat.

    ReplyDelete
  5. Guru memang pencetak generasi Indonesia yang Hebat. Sukses selalu, Bu Guru. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kata guruku dulu baik buruknya penerus bangsa ada ditangan guru

      Delete
  6. sepakat dengan ungkapan..bahwa anak-anak usia SD ibarat spons yang menyerap apa saja....sekarang bagaimana kita bisa membuat agar mereka menyerap hal-hal yang positif saja...dan mengabaikan hal yang negatif...agar indonesia bisa menjadi lebih hebat lagi di tangan mereka kelak......selamat berlomba ya....semoga menjadi yang terbaik...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  7. memang guru adalah sosok yang luar biasa, pahlawan tanpa tanda jasa.
    selalu berusaha untuk menjadikan muridnya orang yang lebih baik dari dirinya sendiri (guru).
    semangat.!!

    kunjungi Batu Giok | www.batu-giok.com | Mei Lian

    ReplyDelete
  8. Waah terimakasih mbak.. INDONESIA HEBAT

    ReplyDelete
  9. pemberi contoh yang baik kepada siswa

    Guru adalah role model para siswa peserta didiknya ...

    salam saya Cheil

    (2/4 : 3)

    ReplyDelete
  10. Untuk INDONESIA , jadilah legenda
    walau badai menghadang kau takkan pernah hilang :-)







    Silahkan singgah di WEB kita mbak/mas :-)
    buat anak-anak mbak/mas yang mau belajar
    www.ditokokita.com

    ReplyDelete
  11. Bu guru...tulisannya inspiratif sekali, Idenya patut diacungi jempol!

    ReplyDelete
  12. Peran guru dan sekolah memang sangat besar untuk menyiapkan generasi hebat yang bisa mewujudkan Indonesia hebat!

    ReplyDelete
  13. Peran guru dan sekolah memang sangat besar untuk mempersiapkan generasi muda dalam mewujudkan Indonesia Hebat!

    ReplyDelete
  14. Guru kecilku ini memang hebat idenya...sukses ya kontesnya :)

    ReplyDelete
  15. bu gurcil... tulisannya keren bangeeet. sangat inspiratif dan bikin aku pingin jadi guru. Hihihihi
    Goodluck, sayang :*

    ReplyDelete
  16. mak cheila kayaknya aku baru main sini maaf ya hahaha

    ReplyDelete
  17. hadir kembali demi Indonesia Hebat :-)

    ReplyDelete
  18. Sukses untuk kontesnya, mba.... :)
    Indonesia Hebat!! :)

    ReplyDelete
  19. Guru memang jadi salah satu pahlawan bagi sebuah bangsa :)

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah ..bu guru kecil nduk manis emang kereen..
    selamaaat yaa !!

    makan2 :v

    ReplyDelete
  21. selamat ya bu guru, udah menang kontesnya :)

    www.liza-fathia.com

    ReplyDelete
  22. Keren bangett tulisannya, selamat ya mak...ibu guru kecil :)

    ReplyDelete
  23. Selamat bu guru kecil, kereeen, deh. :)

    ReplyDelete
  24. Selamat guru kecil yang telah memenangkan lomba kontes indonesia hebat :D
    hplaptop.web.id

    ReplyDelete
  25. selamat bu guru,,,,tulisannya keren,,,

    ReplyDelete
  26. Contoh guru modern yang tetap memiliki prinsip kuat nih. Tulisannya bagu, Bu guru. Layak banget keluar sebagai pemenang. Selamat ya, Hug

    ReplyDelete
  27. Ye......
    Pantesan menang, tulisannya bagus begini..! :)

    ReplyDelete
  28. Andai di sekolah diajar Ibu Guru kecil..

    ReplyDelete
  29. inspiratif banget, keren selamaat yaa :*

    ReplyDelete
  30. selamat yah bu artikel kerenn :))

    ReplyDelete
  31. selamat ya, mak guru...Keren!

    ReplyDelete
  32. Senengnya baca artikel yang jadi jawara...selamat ya bu Guru :)

    ReplyDelete
  33. Congrat yaa Bu guru, tulisannya emang apik patut jadi pemenang :)

    ReplyDelete
  34. Selamat ya bugulu.. Keren memang tulisannya :D

    ReplyDelete
  35. Ssalam silaturahmi ...
    selamat bu gurukecil

    ReplyDelete
  36. Selamat juga bu guru kecil dapet 5 juta-nya....http://ceritapagidariku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  37. selamat, mbakk. tulisanna keren ;)

    ReplyDelete
  38. Tulisannya jempol mbal... Lihat situsku juga ya. silahkan baca baca juga artikelku thanks ;)
    Cara Buka Aura

    ReplyDelete
  39. Wah... inspiratif sekali tulisannya.. Sukses ya :)

    ReplyDelete
  40. Tulisannya keren sist, dua jempol deh

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)